SMART CITY : Smart Mobility

SMART MOBILITY

Sebagai salah satu kriteria smart city, adalah adanya ketersediaan infrastruktur dan sistem transportasi yang aman serta inovatif, yaitu sistem pergerakan yang memungkinkan terjadinya pemenuhan kebutuhan dengan pergerakan seminim mungkin dan secepat mungkin.

l KARAKTERISTIK
1.    Responsif , berarti sistem mobilitas yang mampu memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pergerakan penggunanya secara aktual.
2.    Inovatif , berarti sistem mobilitas yang memungkinkan pergerakan dengan efektif dan efisien.
3.    Kompetitif, berarti sistem mobilitas yang memberikan banyak pilihan perjalanan.

l SOLUSI ALA CAMBRIDGESHIRE
Cambridgeshire memiliki sistem transportasi yang cukup baik. Pemerintah memberi dukungan penuh pada masyarakatnya untuk menggunakan transportasi publik dan trasportasi yang ramah lingkungan. Contohnya adalah:


1. The Busway
              The Busway memiliki jalur yang berbeda dengan busway pada umumnya. The Busway memiliki jalur tersendiri yang berbentuk seperti jalur trem dan tidak berada di jalan raya.
l Kelebihan the busway:
1. AC untuk kenyamanan ekstra
2. Jok kulit sebagai sentuhan kemewahan
3. WiFi gratis
4. Stop kontak
5. Green Engine demi masa depan
6. Ramah bagi penyandang disabilitas


2. CamShare
              CamShare adalah sebuah layanan informasi transportasi di Cambridge. Konsep dari CamShare adalah Sharing Journey. Anggota CamShare dapat bepergian bersama dengan bersepeda ataupun menggunakan mobil bersama. CamShare bersifat seperti jejaring sosial yang mempertemukan orang-orang yang akan bepergian melalui rute yang sama.
l Manfaat CamShare
              Manfaat dari CamShare adalah orang yang ingin bepergian menggunakan sepeda atau berjalan kaki dapat menemukan teman untuk bepergian bersama. Selain itu CamShare juga dapat membantu penghematan energi karena anggota CamShare dapat berbagi kendaraan dengan orang disekitarnya yang memiliki destinasi yang sama.


l KESIMPULAN
              Smart mobility dapat diartikan sebagai sebuah kota dengan sistem pergerakan yang memungkinkan pencapaian tujuan dengan pergerakan yang sesedikit mungkin (less mobility), hambatan serendah mungkin (move freely), dan waktu tempuh sesingkat mungkin (less travel time).
              Indonesia dapat menerapkan konsep Smart Mobility seperti yang diterapkan di Cambridgeshire untuk mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi di kota-kota di Indonesia.
             


Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel SMART CITY : Smart Mobility ini dipublish oleh Unknown pada hari Tuesday 12 July 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan SMART CITY : Smart Mobility
 

0 comments:

Post a Comment

diooda